Selasa, 13 Oktober 2020

Pengalaman Bebas Dari Jerawat Part 1


Perempuan mana sih yang gak pengen kulitnya  mulus glowing se glowing Song Hye Kyo atau Bae Suzy? pasti gak ada kaaan ya. Semua orang, baik perempuan ataupun laki-laki jaman sekarang pasti mendambakan kulit yang selalu cetar membahana setiap saat, minimal gak ada jerawat atau bekas jerawat laaah ya. Tapi terkadang, ekspetasi memang tak seindah realita. Banyak orang selalu mengeluhkan adanya jerawat, apalagi jerawat yang hilang satu tumbuh seribu. hmmmm bikin kezel 😔

(Bae Suzy)

Kali ini aku mau share pengalaman dan perjuangan aku bebas dari jerawat, yaa gak bebas bebas banget sih karena tiap datang bulan jerawat mesti nongol satu, tapi itu normal kok dan kondisi mukaku tidak separah dulu (jerawat tumbuh dimana-mana). Pastikan setelah baca artikel ini, langsung diterapin yaa tips dari aku biar segera sembuh dari jerawat membandel. Semangaaat !!!!! XD

Lakukan trial and error

Maksud dari trial and error disini adalah mencari skincare (minimal sabun pembersih wajah/face wash yang cocok dikulit kamu. Kalian kalian pas baca ini pasti pada ngomong dalam hati "haduh kak, dari jaman kapan aku udah coba berbagai macam produk face wash kaleeee". Eitsss tunggu dulu, ini tuh gak sekedar beli trus coba-coba skincare. 
Trial and error versi aku, pertama kita tuh harus tau dulu jenis kulit kita itu termasuk normal, kering, berminyak, atau kombinasi. Kedua, kita cari produk-produk skincare yang sesuai dengan kulit kita. Selanjutnya cari testimoni atau blog kecantikan yang mereview produk yang akan kita beli, usahakan pada testimoni atau blog kecantikan yang kita baca, tipe kulit penulis testimoni sama dengan jenis kulit kita. Nah pada step ini, kita harus bener-bener cari dari banyak sumber agar kita bisa membandingkan testimoni satu dengan yang lain. Setelah itu, kalo kita yakin dengan produk tersebut, kita harus baca dengan teliti, bahan apa aja yang terkandung dalam produk tersebut. Lalu kita ingat lagi, apakah bahan tersebut ada di produk skincare yang telah kamu beli dan coba sebelumnya? Kalo memang iya, mending stop, jangan dibeli karena takutnya, kamu emang gak cocok sama bahan tersebut.

Aku sendiri trial and error sabun wajah sebanyak lima kali. Jerawat mulai tumbuh setelah selesai wisuda SMA (setelah dimake up in pas wisuda pastinya 😥). Selain itu, karena aku ganti bedak. Jadi dulu aku pake bedak marcks varian warna putih trus iseng nih pengen coba bedak compact marina. Eh malah jadi jerawatan, sekarang malah balik lagi ke marcks.

(Penampakan bedak marcks, tetep aku pake sampai sekarang)

Setelah aku jerawatan, aku langsung ganti facewash dari facewash remaja sejuta umat (ponds warna pink) ke garnier pure active buat jerawat karena aku kira produk ini memang ditujukan untuk kulit berjerawat. Lama bangeet aku pake ini pas kuliah tapi jerawat gak sembuh malah makin banyak. Udah ilang, eehhh timbul makin banyak. Trus aku sempet balik lagi ke ponds tapi yang flawless white karena aku dulu sempet pake itu pas jaman SMA (gantian pakenya sama yang ponds pink). Tapi ternyata gak ada hasilnya, nyesek banget karena pas itu bener-bener nabung karena beli si ponds ini. Eh malah gak cocok, kan syediiiiiiiiiih 😌
Naaaah karena aku pantang menyerah, akhirnya aku beli pigeon facial wash karena aku kira rata-rata produk pigeon kan produk buat bayi jadi aman-aman aja buat muka dan sebelum ganti ke pigeon, aku udah mikir 100x dan selalu baca review-review tentang produk ini. Yakin banget kalo produk ini bakal cocok di muka aku. Tapiiiii aku ternyata salaaah gengsss. Ternyata tetep sama aja, jerawat tetap bertebaran dimana-mana. 

(Pigeon Facial Foam)

Kecewa? pasti iya karena aku udah ganti2 produk tapi gak cocok juga. Ya bukan salah produknya juga, tapi memang aku aja yang belum tahu jenis kulit aku dan kandungan apa yang gak cocok buat aku. Akhirnya setelah lelah menatap wajah yang gak karuan, aku melalukan riset secara mendalam (halah 😂)
Jadi aku tentukan dulu jenis kulit aku, caranya gimana? tentu browsing-browsing dulu di mbah google 😂😁. Selama ini aku merasa jenis kulitku adalah kulit berminyak dan berjerawat. Tapi aku pikir-pikir lagi, aku pernah pake garnier buat kulit berminyak dan berjerawat tapi tetep gak ngaruh. Aku pake kertas minyak buat wajah, tapi yang banyak minyaknya cuman bagian hidung sama kening aja, itupun minyaknya gak banyak banget. Sedangkan bagian pipi malah normal dan kadang juga kering. Naah dari situ, aku menyimpulkan dan menentukan bahwa kulit aku tuh normal tapi juga kombinasi. Yaudah dari situ aku coba buat beli produk sabun muka untuk kulit normal. Nekat? pastinya wkwkwk karena kondisi muka lagi jerawatan malah beli produk sabun wajah buat kulit normal 😂
Selanjutnya aku kembali melakukan riset tentang kandungan skincare yang menyebabkan jerawat. Aku nemuin satu artikel yang bagus banget, ternyata ada banyak kandungan di produk sabun pembersih wajah yang menyebabkan jeriwi-jeriwi manja bertebaran di muka -______- Tapi mohon maap pemirsa saya lupa judul artikelnya 😅, nanti aku share link yang kurang lebih sama isinya dengan artikel yang pernah aku baca 😂

Dalam artikel yang aku baca, ada beberapa bahan yang aku garis bawahi karena beberapa bahan itu ada disemua produk pembersih wajah yang pernah aku pakai!!
Apa aja sih bahannya? Bahan atau kandungan penyebab jerawat itu adalah SLS (Sodium Lauryl Sulfate), Parfum/Fragrance, dan Alcohol. Untuk lebih jelasnya, langsung klik link yang ada dibawah sendiri ya! 
Aku langsung cari produk buat kulit normal tanpa kandungan SLS, Parfum dan Alcohol. Ada beberapa opsi, tapi akhirnya aku memilih Hadalabo Shirojyun Ultimate Whitening Facial Wash. 

(Begini penampakannya pemirsa, saya download dari mbah google)

Pertama-tama emang gak langsung ilang sih jerawatnya. Butuh beberapa bulan untuk menghilangkan jerawat dan bekas-bekasnya serta keakar-akarnya wkwkwkw. Tapi kenapa aku tetap bertahan dengan produk ini? karena setelah pakai produk ini tuuu jerawat gak ilang satu tumbuh seribu, tapi ilang satu-satu. 
Pas datang bulan tetep ada jerawatnya tapi munculnya cuman satu atau dua, gak grudukan kayak pas aku pake produk sebelum ini. Selain itu, karena ini adalah facial wash tanpa kandungan sls dan alcohol jadi setelah pakai produk ini, mukaku kerasanya lembab dan gak ketarik dan poin plusnya, bekas jerawatku juga perlahan hilang dan perlahan mukaku jadi lebih putih dan cerah.
Aneh kan? gimana bisa produk sabun wajah untuk kulit normal dan klaimnya adalah untuk memutihkan kulit tapi malah bisa ngilangin jerawat dan bekasnya? Aku juga sempat heran sih, tapi mungkin itu juga gara-gara aku memang gak cocok sama kandungan skincare yang aku sebutin sebelumnya dan di Hadalabo ini gak ada kandungan-kandungan itu sama sekali. Jadi Alhamdulillah, menemukan hadalabo itu serasa menemukan berlian di tengah gurun sahara (halaaah wkwkwkw :p)

Ganti produk tubuh 

Sudah tahu kan gengss kamu gak cocok produk apa? nahhh karena kamu udah tau nih, yuk ganti produk pasta gigi dan sabun badan yang biasa kamu pake dengan kandungan atau bahan didalam produk pasta gigi dan sabun badan yang tidak menyebabkan jerawat. 
Hah? gimana sih maksudnya kak? kok aku gak mudeng? Gini gini ya aku jelasin. Aku kan udah tahu bahan apa yang gak cocok dikulit aku (yang bisa nyebabin jerawat). Naaaaaah aku cari dan langsung ganti sama produk pasta gigi sama sabun badan tanpa SLS, alcohol dan parfum juga. Utamanya sih aku cari produk pasta gigi dan sabun badan tanpa SLS atau yang busanya dikit. 
Emang ngaruh ya kak? Buat aku sih ngaruh banget karena ketika kita gosok gigi, otomatis nempel juga kan di pipi sama dagu? naah kandungan skincare yang gak cocok pasti menimbulkan jerawat. Begitu juga dengan sabun badan karena aku terbiasa untuk cuci tangan dulu sebelum memakai sabun wajah. Otomatis ketika cuci tangan lalu memakai sabun wajah, sisa sabun badan itu juga pasti nempel ke muka. Jadi bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Alhamdulillah ada dua produk pasta gigi yang sampai sekarang aku masih pakai dan dua-duanya tanpa SLS. Emang sih lebih mahal daripada pasta gigi biasa. Tapi apa sih yang gak buat ngilangin jerawat? daripada harus ke dokter kulit yang ngabisin biaya banyak, mending buat beli pasta gigi kan? Pasta gigi yang aku gunakan adalah pasta gigi Sensodyne Multi Action dan Enzim Classic Mild. Dua-duanya tanpa SLS atau tanpa deterjen/busa. Lalu untuk sabun badan aku langsung beralih ke Mitu Baby Milk Bath. Jadi sebelum membeli, aku bener-bener pastiin kalau produk tersebut tidak ada SLSnya 😃

(Enzim Classic Mild)



(Sensodyne Multi Action)






(Mitu Milk Baby Bath Versi Baru)
(Mitu Milk Baby Bath Versi Lama)





Untuk postingan kali ini cukup sekiaaaan yaa semoga dapat memberi informasi dan membantu kamu bebas dari jerawat. Aamiin :))



[UPDATE PART 2] :



Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Article