Jumat, 16 Oktober 2020

Pengalaman Bebas Dari Jerawat Part 2 (Final Part)

Halooooo!!! 
Balik lagi ke pembahasan dunia perjerawatan ๐Ÿ˜‚ 

Apakah ada perubahan setelah membaca postingan tentang Pengalaman Bebas Dari  Jerawat Part 1??? Kalau belum ada perubahan yang signifikan, yuk langsung aja baca beberapa tips lagi dari aku agar jeriwi-jeriwi ituuu musnah dari muka bumi ini wwkwkwkw ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚
Setelah melakukan trial and error dan menemukan kandungan skincare yang ternyata gak cocok di wajahku, aku merasa belum ada perubahan yang maksimal. Pas awal-awal pemakaian hadalabo, jerawat masih membandel. Dasarnya aku kurang sabar dan ingin segera badai jerawat ini berakhir, aku langsung searching mengenai faktor lain penyebab jerawat selain kandungan skincare atau kandungan produk untuk tubuh yang gak cocok. Apakaaaaah ituuuuuuu??? 

Ganti sprei, bantal, dan guling


(Diambil dari mbah google)

Hah? emang ngaruh ya? apa hubungannya jerawat sama ganti sprei sama sarung bantal guling? Naaaah jelas ngaruh dongg ๐Ÿ˜Š awalnya sih aku gak sadar soal ini, setelah browsing-browsing dan langsung praktekin, emang sengaruh ituuu!!!
Jadi setelah kita habis dari luar rumah atau capek habis beraktivitas di luar rumah, pasti wajah kita terkena polusi, debu, dan keringat ngumpul jadi satu. Kebanyakan dari kita, abis capek langsung tepar di kasur. Naaaaaah karena belum bersihin muka, otomatis muka kotor dan langsung nempel ke bantal guling dong yaaa, akhirnya tumbuhlaaaahh jeriwi-jeriwi wkwkw. 
Bayangin kalo siklus itu terjadi tiap hari dan sprei, sarung bantal guling gak kamu ganti selama satu bulan atau bahkan tiga bulan?? apakah obat atau skincare yang kamu beli bakalan ampuh buat ngilangin jerawat? hmm aku rasa obat jerawat sebanyak apapun ga akan mempan ngilangin jerawat kalo kita masih belum maksimal menjaga kebersihan diri :)))

Pakai topi, jilbab, dan masker sehari sekali

Kalau kamu memakai jilbab, topi, dan masker setiap hari, kamu harus pastikan tiap hari harus ganti atau paling tidak segera ganti ketika terkena banyak keringat. Aku inget ada satu temen pernah tanya di instagram, obat atau produk yang bagus buat ngatasin jerawat dan bruntusan di sekitar pipi dan kening. Pada saat itu, aku gak memberikan rekomendasi produk skincare karena aku gak tau jenis dan kondisi kulitnya saat ini. Jadi aku memberikan saran untuk selalu mengganti jilbab tiap hari daaaaaaan dia baru sadar akan hal itu karena memang dia jarang ganti jilbab (ganti setelah beberapa hari pemakaian). Menurut aku hal itu fatal banget karena tiap hari dia pakai jilbab, pastinya kena keringat apalagi cuaca di Indonesia kan panas banget, polusi udara dan debu-debu nempel di jilbab dan mukanya. Gak kebayang dong berapa banyak bakteri yang ada di jilbab kamu setelah keluar rumah? 

(Diambil dari mbah google)

Hal tersebut juga berlaku untuk topi dan masker atau benda lainnya yang sering kamu pakai dan itu nempel disekitar muka kamu. Helm pun juga bisa menyebabkan jerawat kalau kamu malas untuk mencucinya. Gak perlu seminggu sekali kok untuk cuci helm. Biasanya aku sebulan sekali atau kalau belum sebulan udah bau, helm wajib banget dicuci biar gak jadi akar penyebab jeriwi-jeriwi bandel. Tenaaaang aja, biaya cuci helm murah kok. Kalau di Surabaya sendiri sih gak sampai 20ribu yaaa.
Oia, handuk pun juga bisa jadi akar penyebab jerawat masih bertahan di muka kamu. Usahakan ganti handuk tiga hari sekali atau pisahkan antara handuk badan dan handuk muka. Jadi biar gak sama handuknya. Truss apalagi lagi yaa benda yang bisa menjadi akar penyebab tumbuhnya jerawat? Apakah ada saran? Kalau ada, tolong komentar dibawah ya! ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜†

Bersihkan muka setelah dari luar rumah & setelah memakai make up

Ahhh aku kan cuman keluar rumah 20 menit kak, itu kan cuman sebentar, masak harus dibersihin??? hmmmm tidaaaaaackkk semudah itu fergusoooo. Walaupun cuma 20 menit, 10 menit, 5 menit. Keluar rumah ya tetep keluar rumah. Kamu tetap terkena debu dan polusi udara. 
Ketika masih berjuang untuk melawan jerawat atau sampai sekarang ketika jerawat sudah berhasil aku taklukan, aku selalu untuk menyempatkan diri untuk membersihkan muka setelah aku keluar rumah, walaupun cuman dari alfamart. Kenapa? karena aku merasa wajahku sudah terkena debu dan polusi. Aku membersihkan wajahku dengan toner. Toner??? Yuupp cukup dengan toner Viva Green Tea seharga 6000 rupiaaaaaah gengss!!!!

(Face Tonic Viva Green Tea, diambil dari mbah google)

Jadi aku tuuu tidak membiarkan debu dan polusi menempel di bantal guling dan kasurku wkwkw. Ribet yaaa? Tidak ada kata ribet kalo kamu ingin selesai dari penderitaan karena jerawat ๐Ÿ˜‹
Kenapa aku pakai toner aja? karena aku cuman pakai bedak kalo keluar rumah cuman sebentar, beda lagi genggsss kalo aku mau kondangan atau kemall berjam-jam. Pasti paling gak pakai sunscreen atau bb cream kan? Nah kalau kayak gitu, kamu wajib banget bersihin muka kamu pakai micellar water, make up remover, atau pembersih wajah yang sejenis agar make up di muka kamu dapat dibersihkan secara menyeluruh!

Hindari pemakaian make up dan begadang selama berjerawat

Disadari atau tidak, muka kamu juga perlu istirahat dari pemakaian make up yang berlebih agar kulit kamu bisa bernafas sejenak. Menurut pengalamanku, penggunaan make up ketika jerawatan itu emang nutupin jerawat tapi itu juga bikin kulit kamu tercekik dan pada akhirnya malah bikin munculnya jerawat baru dikulit kamu. Jadi ketika jerawat lagi parah dan meradang, aku kemana-mana cuman pakai bedak marcks, kecuali kalo kondangan sih tetep pakai make up. Tapi kalo cuman main biasa atau kuliah sih tetep cuman bedakan aja biar jerawat gak makin parah.
Selain itu kamu juga perlu mengatur jam tidur kamu supaya gak bedagang. Hayoooo ngakuuuu disini siapa yang selalu begadang karena ngerjain tugas atau liat dramaaaaa koreeaaa sampai malam???? hmmmm jujur aku sendiri pun juga kadang bandel buat liat drakor sampai malam wkwkwk ๐Ÿ˜‚ tapi aku selalu berusaha untuk tidak begadang tiap hari apalagi pas aku udah keterima kerja. Gak mungkin juga dong besok gak masuk kerja gara-gara ngedrakor sampe malem??
Dikutip dari kompas.com, begadang memang dapat memicu timbulnya jerawat. Jadi ketika pola tidur terganggu, keseimbangan hormon juga terganggu dan memicu pelepasan hormon kortisol. Ketika hormon ini keluar, tubuh dapat mengalami reaksi peradangan di kulit. Naaaaah peradangan ini yang menyebabkan jerawat. Gak percaya? Coba dehhh kamu ubah jam pola tidur kamu ๐Ÿ˜Š


Gimana gengsss? udah puas belum dengan tips-tips dari aku? Sebenernya, ada beberapa cara lagi untuk membasmi jerawat membandel, seperti, makan yang teratur, memakan makanan yang sehat (tidak berlemak dan tidak berminyak), dan olahraga yang teratur. Tapi aku gak jelasin di post ini ataupun post sebelumnya karena ini murni dari pengalaman dari aku dan hilangnya jerawat dimuka aku bukan karena aku sering olahraga. Jadi aku gak bisa menceritakan detail soal itu. Tapiiiiii tiap orang kaaan bedaaa yaaa, bisa aja jerawat kamu hilang gara-gara kamu sering olahraga? bisa aja kaaan ya? Akuuu rasa gak ada salahnya juga mencoba untuk olahraga atau makan secara teratur biar tubuh kamu juga makin sehat ๐Ÿ˜Š Oia, jangan lupa untuk selalu tetap tersenyum dan happy biar kamu bisa mengendalikan stres dan tidak berkembang jadi jerawat membandel.

Stay healty, semoga sembuh dari jerawat dan jangan lupa pakai masker ya gengss!!!


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Article